Senin, 12 Mei 2014

Kenapa Harus Bekasi?

Apa yang lu pikirkan dengan Bekasi? Pasti ga jauh jauh dari kata Panas. sangking panasnya Bekasi, kalo udah kiamat ada padang Mahsyar yang katanya matahari itu sejengkal, mungkin tempatnya di Bekasi. Bekasi juga katanya Alay, tempat pembuangan sampah, terus apa lagi. Kebanyakan jeleknya lah. Belum macetnya. Tapi ga buat gue. Buat gue Bekasi itu kota yang indah tapi keindahan itu hilang semenjak Negara api menyerang. Bekasi juga kota yang unik. Uniknya dimana? Yaa dari namanya. Lu liat aja mana ada kota dengan nama Bekasi selain Bekasi hahaha *ini apasih*. Tapi, bener kan? Bekasi cuman ada 1. Mungkin di Indonesia cuman ada 1 Bekasi. Mungkin juga di dunia Bekasi cuman ada 1. Makanya menurut gue Bekasi itu unik banget.

Di Bekasi gue tumbuh sebagai remaja yang sedikit paham dengan kehidupan kota metropolitan. Bagaimana pergaulan anak anak metropolitan, bagaimana cara mereka berteman, bagaimana cara mereka menganggap teman dan bagaimana cara mentertawakan diri sendiri pun gue dapet di Bekasi. Banyak juga yang bilang kalo Bekasi itu cuman kota tempat singgahnya orang orang yang mengadu nasib di Jakarta. Kampret banget itu yang bilang begitu. Padahal kan statement itu tidak sepenuhnya salah. Malah kebenyakan bener hahaha. tapi, mungkin itu sekarang tinggal kata kata doang. Kita lihat sekarang bagaimana Bekasi menjadi kota Industri. Lu liat aja pas may day, gimana buruh buruh di Bekasi ngeblokir tol. Udah terlalu mainstream blokir jalan raya pas demo. Buruh di Bekasi mah blokir jalan TOL. Itu lah yang bikin Bekasi keren. Orang orangnya udah ga mainstream lagi.


Apalagi sih di Bekasi yang ga mainstream? Banyak. Contohnya aja yaaa. Orang orang luar negeri ke luar angkasa pake pesawat ulang alik. Tapi di Bekasi cuman naek angkot. Jadi gini, di Bekasi ada daerah yang namanya bulan bulan. Nah, kenek angkot yang jurusan bulan bulan menjajakan angkotnya dengan bilang “YANG BULAN, YANG BULAN!!” tuh, orang Bekasi ke Bulan aja naek angkot. Kalah orang Amerika atau Rusia yang ke Bulan pake pesawat hahaha :p. terus ada lagi nama daerah Galaxy. Itu juga kan kenek angkotnya bilang “YANG GALAXY, YANG GALAXY” galaxy kan adanya di luar angkasa. Orang orang naek pesawat kesana. Kita mah cuman naek angkot hahaha :p. keren lagi kan Bekasi. Dan ga cuman naek angkot. Di galaxy juga bekasi punya mall. Kurang canggih apa coba di luar angkasa ada mall. Gimana itu ngitung gravitasinya. Semen ama pasir apa bakalan aur auran kalo udah di luar angkasa mah. Tapi tukang di Bekasi bisa bikin mall di galaxy. Entah galaxy mana itu bima sakti atau Andromeda hahaha *semakin ga jelas*

Adalagi nih. Bekasi juga menciptakan grammar bahasa sendiri. Banyak bahasa yang dipake di bekasi yang mungkin tidak ada di daerah laen. Contohnya adalah pemotongan 2 huruf didepan sebuah kalimat. Contohnya itu SEPEDA jadi PEDA, SEKOLAH jadi KOLA, KEMAREN jadi MAREN, SEPATU jadi PATU. Tuh keren kan Bekasi. Mungkin lu ga bakalan dapet itu selain di Bekasi. Ga jarang kita temuin orang anak anaknya ngomong pake grammar yang begitu. Kayak dulu gue waktu sekolah di pesantren sering banget pake bahasa itu. “eh, MAREN lu make PATU gue buat KOLA ama mean PEDA lu tarok mana?” kata kata itu sering banget gue ucapin pas dulu. Tapi, sekarang pas kuliah di malang jadi jarang banget. Soalnya udah kaga ada lawan ngomongnya.

Nah, itu lah segelintir keunikan Bekasi yang buat gue makin cinta dengan kota ini. dan juga gue mau promosi sedikit laah. Buat para readers anak Bekasi yang kuliah di Malang kita punya kumpulan anak anak Bekasi loh. Namanya HIMAKASI (HImpunan MAhasiswa KASIan beKASI). Lu bisa liat infonya di @HIMAKASImalang. Kalo bisa follow juga yaaaa @okvienradhitya J

7 komentar: