Kamis, 21 Februari 2013

Terjebak dikerumunan Lumut (The end)

Haloo readers, halo chibi-chibi freak, halo semuanya. Kembali lagi dengan cerita gue tentang liburan kemaren. Itu loh tenang gue nemenin temen temen gue liburan ke malang. Yaa wajarlah kalau kalian lupa. Ini cerita part terakhir lama banget munculnya di blog gue. Soalnya gue lagi ngumpulin mood yang enak buat nulis cerita part terakhir ini. Soalnya biar berkesan buat para tamu gue itu. yaa biar timbal balik laah. Mereka udah nanggung hidup gue selama 3 hari dan gue cuman bisa ngasih tulisan ini ke mereka. Loh kok jadi sedih. Yaa sedih laah kan ini part terakhir. Jadi, ga ada lagi cerita tentang  9 cewe yang buat liburan gue lebih berkesan semester ini.

Untuk cerita terakhir ini gue mau mulai dari masalah foto-foto mereka selama liburan. Kenapa gue mau ngangkat itu duluan. Yaa karena menurut gue ini rekor laah. Lu pada coba bayangin yaa. Hari pertama mereka sampai aja dan itu jalan-jalan cuman 2 tempat, selecta sama alun-alun kota batu. Itu jumlah foto yang udah jepret ada sekitar 300 foto. Gilaa tuh pada. Gatau hari selanjutnya gue ga ngitungin dah tuh ada berapa jepretan di kamera yang mereka bawa.

Dari cerita diatas dapat diambil kesimpulan kalo cewe itu rata-rata doyan banget foto-foto. Yaa bisa dibilang camera face lah. Camera = camera, face = muka. Jadi, muka mereka kayak camera. Mereka kan bawa kamera sendiri yaa. Ini mereka kalo menurut gue merupakan tokoh perubahan. Yang kita tau kan photographer yang bawa kamera dan dia fotoin si model. Ini mah kebalik sekarang, ini modelnya yang punya kamera dan minta fotoin sama orang. Kan kebiasaan jadi berubah gara-gara mereka.  Ga lucu yaa, bodo amat yang penting kerjaan kelar dan gue bisa ngaasih kenangan buat mereka. Jadi sedih lagi.

Oke, kita mulai untuk cerita hari terakhir yaitu pas mereka ke bromo dan nyari oleh oleh buat dibawa pulang kea lam masing masing. Perjalanan dimulai pukul 00.00 WIB (Waktu Indonesia Berubah). Iya berubah lah. Mereka bilang mau bangun jam 23.30 tapi tetep aja ga jam segitu. Dan lu harus tau semua untuk ke bromo itu yang siap cuman 2 orang. Yang bener bener safety untuk kesana. Pertimbangan gue untuk pendatang yang kesana harus siap jaket tebel, kaos kali, sarung tangan, kupluk (kalo perlu), sama masker itu juga kalo ga tahan banget sama dingin. Nah, ini untuk masalah jaket aja, gue sama temen gue harus balik lagi ke kontrakan buat minjemin mereka jaket. Gila gila. Oke, untuk masalah persiapan buat pribadi selesai. Waktunya kita berangkat.

Nah, diperjalanan kesana kita udah disambut dengan kabut di daerah dinoyo (depan Univ. Brawijaya). Waduuh gue udah pesimis aja nih. Takut ga dapet sunrise. Kalau ga dapet sunrise gue takut mereka kecewa aja. Kan gue jadi ga enak sebagai tamu mereka kecewa. Tamu kan raja, raja kan kaya, kayak an banyak duit, maka dari itu mereka nraktir gue sama temen gue. Loh kenapa nyambung kesitu. Ga nyambung bodo amat yang penting kerjaan selesai dan gue bisa ngasih kenangan buat mereka. Jadi sedih lagi.

Yaudah kita lanjutkan. Perjalanan kita skip aja yaa langsung ke bromo. Soalnya ga ada yang menarik selama di mobil. Kayaknya mereka masih capek. Tidur juga tidak secukupnya. Baru merem juga langsung bangun lagi. Paling yang seru cuman pengenalan beberapa tempat penting di malang sampai ke daerah pasuruan. Akhirnya, kita sampai ke tempat informasi. Dimana kita mesen jeep dan memilih paket wisatanya. Kita, milih paket yang Tosari – penanjakan – Bromo. Itu sekitar 350.000/jeep. Satu jeep itu isinya max.6 orang. Jadi, karena kita ada 11 orang kita nyewa 2 jeep. Total biaya 700.000. kenapa jadi kayak laporan pertanggung jawaban yaaa. Ga nyambung bodo amat yang penting kerjaan selesai dan gue bisa ngasih kenangan buat mereka. Jadi sedih lagi.

Yaudah setelah itu kita naek lagi sampai ke desa wonokitri untuk istirahat dan tentunya nunggu jeep laah. Nah, selama kita nunggu tuh apa aja dah dilakuin. Mulai dari BAK (Buang Air Kecil), BAB, BAC, BAD, DBD, AADC. Loh jadi ngelantur. Maap maap. Yaudah tuh setelah jeep nya nyampe, kita mulai dah perjalanan ke penanjakan. Kita berangkat sekitar jam 3.00. cepet banget yaa. Gatau tuh mereka mau cepet. Eh, gatau dah siapa yang mau cepet. Bodo lah siapa yang minta cepet yang penting kita berangkat laah.
Singkat cerita kita sampai dah tuh di penanjakan. Dan lu harus tau semua. Penanjakan masih banget. Orangnya bisa diitung make jari. Iya bisa diitung make jari. Yaa jari tangan 3 orang laah. Pokoknya masih sepi banget itu. gue ga pernah ke penanjakan sepagi itu. biasanya jam 4.30 dari desa terdekat, jam 5 kurang nyampe di penanjakan. Kalo kcepet kayak gini gue kasian sama mereka sih. Soalnya mereka akan merasakan dingin lebih lama. Gapapa kalo mereka udah biasa, lah ini mereka biasa dengan cuaca panas kena dingin yaa gue takut terjadi apa apa. Gimana kalo mereka hipotermia, abis itu mati. Kan bingung gimana ngomong ke orangtua mereka. Lebay yaa. bodo amat yang penting kerjaan selesai dan gue bisa ngasih kenangan buat mereka. Jadi sedih lagi.

Yaudah gue tunggu lah sampai matahari menampakkan dirinya. Sambil nunggu temen gue tidur. Gue sih yaa pengen tidur tapi gabisa. Lu harus tau mereka ngapain sambil nunggu matahari terbit. Yaa lu pada bener. Mereka foto foto. Yaa seperti yang gue jelasin diatas. Cewe emang camera face. Ada satu orang yang paling ga jelas diantara mereka. Ya sebut aja namanya sekal. Dia ngomong sendiri didepan tab nya dia. Setelah gue selidiki ternyata dia bikin video matahari terbit. Ini orang kerjaan banget. Udah gitu ngomongnya pake bahasa inggris lagi. Gue kan ga ngerti. Ga nyambung yaaa. Ga nyambung bodo amat yang penting kerjaan selesai dan gue bisa ngasih kenangan buat mereka. Jadi sedih lagi.

Setelah matahari terbit kita pun pulang. Dan mencar. Gue sama tiga orang cewe turun sampe tempat jeep dan sisanya masih diatas ternyata. Masih di tempat kumpulan menara. Yaudah gue naek lagi dah tuh. Oh iya lupa, selama perjalanan gue turun itu ga lupa mereka yang tergabung dalam rombongan gue lagi-lagi berubah jadi model. Setelah kita naek lagi keatas. Yaudh mereka foto-foto lagi. Coba itu foto sama kayak makan. Gue yakin mereka udah kenyang banget itu.

Setelah dari penanjakan kita melanjutkan perjalanan ke kawah  bromo. Kali ini jalan kaki. Jeep cuman bisa nganter sampai daerah apa gitu. Selebihnya kita jalan kaki. Itu dalam perjalanan kita hampir nyasar. Gara-gara salah jalan. Untung aja ada ibu ibu yang baek nunjukin jalan. Dan di perjalanan menuju kawah banyak kejadian laaah. Mulai dari ada yang ngambek, sampai ada yang ga kuat. Ke gedean badan mungkin ini yang ga kuat. Nah yang ngambek ini sumpaaaaah jelek banget. Gue samarin aja namanya. Sebut saja sekal laaah. Jelek banget dah tuh ngambeknya. Udah ah jangan diceritain nanti sekalnya ngambek lagi.

Setelah nyampe kawah, hal yang pertama gue lakuin adalah rukuk. Loh kenapa rukuk. Iya gue cape banget dampingin orang yang ga kuat jadi. Tapi kok istirahatnya rukuk. Ya emang gitu ilmunya. Ga perlu gue jelasin disini nanti kepanjangan. Kasian blog gue. Disana mereka pastinya foto-foto lagi laah. Tiada tempat tanpa foto. Sampai-sampai jalan pulang pun masih foto-foto. Gue gatau stamina mereka kuat banget. Setelah turun, eeeeeeeemmm apalagi yaaa.. bentar gue lupa. Eeeeeeem. Oh iya, setelah turun kita pulang laah. Ngapain gue susah susah mikir.

Diperjalanan pulang ga banyak kejadian yang menarik. Karena mereka tidur semua dan gue juga ketiduran. Untung aja supirnya ga ketiduran. Yaudah, perjalanan kita skip langsung sampai di penginapan. Nyampe di penginapan, istirahat sebentar, makan bakso, dan tiduuur sampe sore. Malemnya ada yang sakit 2 orang. Yaudah malem itu ga jalan-jalan.padahal gue mau ngajakin ke paralayang. Tapi, ya kasian mereka. Yaudah mereka istirahat dan packing seperlunya untuk persiapan mereka pulang besoknya.

Detik berganti menit. Menit berganti jam. Jam pun berganti hari. Ga terasa hari itu merupakan hari terakhir mereka untuk tinggal di malang. Gue gamau cerita tentang perjalanan dimana mereka beli oleh-oleh sampai mobil penuh. Sampe duduk aja susah. Yang enak duduknya enak itu cuman supir.

Di paragraph terakhir ini gue cuman mau bilang makasih sama kalian yang udah dateng ke malang. Jujur aja dari sebanyak banyak nya temen gue yang di bekasi, kalian adalah yang pertama jenguk gue di malang. Ya walaupun liburan tapi, yaa gue anggap kalian jenguk gue laah. Pengen banget dijenguk gue. Kalian yang  membuat liburan gue berkesan. Ga cuman diisi dengan rapat dan kerjaan organisai lainnya. Kalian membuat kenangan indah buat gue dan temen gue. Walaupun kita baru kenal selama 3 hari. Tapi, kenangan yang gue buat sama kalian mungkin tidak bisa dilupakan. Eeeeeeeeeemmm apalagi yaa yang mau gue sampein. Bingung nih gue buat kata-kata yang sedih. Yaa gapapa lah cerita terakhir jadi sedih. Namanya juga perpisahan. Yaaa intinya jangan bosen maen ke malang laah. Kalo mau setiap semester ke malang gapapa. Asal punya duit aja. Yaaa terakhir terima kasih yaa untuk semuanya. Semoga kalian ga lupa sama orang-orang kontrakan yang udah dibuat kesel sama kalian terutama si jangkung. oh iya lupa, nasi kalian yang ketinggalan disini udah kita abisin kok.

Oke ini part terakhir untuk kisah kalian selama liburan di malang. Mungkin cuman ini yang bisa gue kasih ke kalian atas apa yang kalian kasih ke gue. Semoga tuhan membalas kebaikan kalian. Kalo ada waktu kalo gue sama bang kajas ke bekasi kita kumpul-kumpul aja. Jangan nangis bacanya yaa. Malu-maluin aja kalo lu pada nangis. Gue aja yang nulis ga nangis yaa paling ngeluarin upil doang.

Akhir kata selamat menempuh hidup baru kuliah semester genap ini. Semoga tahun depan bisa lulus yaa. Ya iyalah D3 mah harus tepat waktu. Oke, selamat menjalankan aktivitas masing masing.