Senin, 25 Juni 2012

Mencontek dapat menyebabkan berfikir kreatif


UAS (Ujian Akhir Semester) bagi para mahasiswa sangatlah penting dan tentunya penentu apakah belajarnya khusnul khotimah atau suul khotimah. Segala macam cara pun dilakukan mulai dari belajar dengan keras, SKS (sistem Kebut Semalam) hingga dengan cara mencontek pun dilakukan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Kali ini gue mau ngepost tentang cara nyontek di kelas gue.

Gue sekarang belajar di jurusan matematika fakultas sains dan tekhnologi. Dengan embel-embel tekhnologi tata cara nyontek pun juga menggunakan tekhnologi. Bukan lagi dengan sms, atau browsing internet tetapi dengan menggunakan Bluetooth hahahaha.. keren kan?? Ini dia penggunaan tekhnologi dalam belajar. Ceritanya begini…

Gue ujian jam 7 pagi. Setengah jam sebelum masuk gue udah datang ke gedung fakultas. Bareng sekitar 6 temen gue pun lewat lift. Temen gue ngomong “ntar  jangan lupa yam bah bluetoothnya”. Nah gue bingung nih biasanya mbah google ini mbah Bluetooth. Gue balik nanya dah “kok mbah bluetooht??”. Temen gue bilang ”iya pake Bluetooth”. Gue makin tambah bingung dah. Gue nanya lagi “gimana caranya??”. Kata temen gue “lu foto jawaban lu nah ntar lu kirim ke temen-temen lu dah hahahahah”. Gue pun ngakak di lift. Hati gue pun ngomong “ni cara boleh juga di pake” (maklum mata kuliah geometri Euclid dari 16 pertemuan gue masuk cuman 7 kali) hahaha

Akhirnya, gue masuk ke ruang ujian. Gue bilang dah tu ke temen gue tentang cara yang di kasih dari anak kelas sebelah. Niat gue mau gue praktekin dah tu. soal dan lembar jawaban pun akhirnya di bagikan sama pengawas. Yaaa sesuai dengan prediksi gue, ga ada soal yang bisa gue jawab.. ya mentok mentok paham dikit dah tu nomor satu. Dan yang paling gokil tu ujian open book, tapi gue ga bawa buku. Temen gue yang paling pinter dalam mata kuliah ini gue liat buka buku, nah gue yang ga bisa apa apa malah dengan santainya ngerjain ujian tanpa buka buku. Yaa hasilnya bisa ketebak lah dalam waktu satu jam gue cuman bisa nulis lagi tuh soal di lembar jawaban (trik SMA gue pake) hahahahaha.

Jam di dinding ruang ujian sudah menunjukkan pukul 8, yang artinya waktu ujian sudah berkurang 1jam. Gue panic waktu tinggal 30menit lagi dan gue pun blum ngejawab apapun. Akhirnya gue kepikiran untuk ngejalanin trik yang gue dapet di lift tadi. Akhirnya gue panggil dah tuh temen disamping gue yang kayaknya sudah selesai nomor satu. Gue bisik bisik dah tu tentang trik tadi. Tapi, HP temen gue itu ga ada bluetoothnya.. waduh tambah galau dah gue. Akhirnya, gue dapet ide lagi. Pikiran jahat gue ngomong “HP gue kan kamera nya cakep. Kenapa g ague pake aja yaa??” yaudah gue pun ngasih HP gue ke temen gue untuk ngefoto jawaban temen gue itu. Akhirnya dapet juga dah tu jawaban nomor satu. Tapi ternyata masih belum kelar tuh jawaban. Gue pun putus asa dah jadinya. Ya sudah lah mungkin emang ini dosen masih pengen ketemu sama gue kali hahahaha. Eh, akhirnya datang juga tuh jawaban ke gue. Kali ini dari temen samping kanan gue dan itu jawaban yang gue cari. Waktu tinggal 15 manit lagi gue masih berkutat dengan soal nomor satu.. waduuh cuman bisa jawab satu soal nih dari 3 soal hahaha.. yaudah gue pasrah aja lah yang penting bisa jawab hahaha

Ini pengalaman nyontek yang menurut gue ga biasa dan luar biasa dalam perjalanan nyontek gue. Dan setelah lama berkecimpung di dunia percontekan gue bisa ngambil statement bahwa ”nyontek itu bisa membuat kita berfikir kreatif”. Karena dengan waktu yang sangat terbatas kita bisa menciptakan metode mencontek yang mungkin tidak terfikirkan sebelumnya. Oleh karena itu jikalau kita mau belajar berfikir kreatif alangkah baiknya kita mencoba untuk mencontek dan menciptakan cara mencontek yang baru dan tidak terfikirkan sebelumnya. Tapi, jangan ditiru juga nih saran gue, disamping bahaya kita juga akan dibuat ketagihan dan membuat greget untuk belajar juga turun. Jadi, yang sekarang belum pernah nyontek jangan lah sampai terjerumus didunia percontekan hahahahha……..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar